Pendidikan Karakter Bikin Siswa "Berguna" di Masyarakat


Pendidikan Karakter Bikin Siswa "Berguna" di Masyarakat Pendidikan karakter merupakan langkah tepat dalam perkembangan dan perubahan aspirasi masyarakat yang dinamis. Pendidikan sejatinya tidak hanya membuat para siswa menjadi tegas, tetapi juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun.

Dengan demikian, keberadaan para siswa menjadi bermakna bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya. Pendidikan karakter pun menjadi unsur penting yang terus ditekankan dalam pelaksanaan kurikulum baru.

Dean of School of Education Boston University, Prof. Hardin L.K. Coleman, Ph.D menekankan bahwa setiap siswa harus memiliki kemampuan untuk mengikuti pendidikan karakter.

Guru pun juga harus bisa memprogramkan dan mengevaluasi pendidikan karakter tersebut serta bisa memainkan cara untuk pendidikan di luar sekolah. Yang pada akhirnya, para siswa bisa bekerjasama dengan guru.

"Ada beberapa program membangun karakter siswa dan guru yang baik, yaitu dengan mengenalkan attitude yang baik untuk menyelenggarakan pendidikan yang baik," ujarnya di Gedung Guru PGRI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (20/3/2014).

Coleman melanjutkan, kemampuan kritis dalam menyusun kurikulum 2013 dan program sekolah, membuat guru juga harus menguasai civic education. Pendidikan karakter dalam menyiapkan masyarakat dunia dan mengembangkan atau mendorong pembelajaran yang bersifat sosial dan nasional.

"Ketentuan yang baik di sekolah bisa dilaksanakan dan mereka juga membutuhkan kemampuan yang mendalam, seperti apa yang dilakukan dan apa yang tidak dilakukan di sekolah maupun di kelas. Juga, diperlukan secara khusus para guru untuk tampil secara maksimal kepada para siswanya, serta akhirnya mereka diminta untuk menyusun proyek untuk diterapkan masing-masing," jelasnya.
Share on Google Plus

Tentang K

Penulis hanyalah seorang manusia biasa, sekarang sedang sibuk mengejar para dosen demi mendapatkan gelar sarjana. jika ada pertanyaan silahkan kirimkan email ke : rimporok@gmail.com atau hubungi (+62)852 4015 0005