Healthysweet, Manis dan Aman dari Diabetes


Healthysweet, Manis dan Aman dari Diabetes Penderita diabetes tidak lagi bisa menikmati rasa manis baik pada makanan maupun minuman. Namun, civitas akademika Institut Pertanian Bogor (IPB) melahirkan inovasi baru berupa minuman manis dari gula aren organik yang justru mampu menurunkan kadar gula.


Inovasi tersebut dijuluki Healthysweet. Salah satu produk binaan dan pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) oleh Incubie LPPM IPB itu telah diuji klinis di Fakultas Kedokteran Hewan IPB sehingga aman untuk dikonsumsi

Pengembang Healthysweet Ardiansyah Febriantoko mengatakan, penelitian belum mengarah pada kemampuan untuk penyembuhan penderita diabetes secara total (sembuh total).

"Namun penelitian dan hasil pengujian kami, kemampuan Healthysweet dalam penurunan kadar gula darah penderita diabetes tercatat rata-rata mencapai 40 poin setiap lima hari konsumsi dan mencapai kadar gula darah di kisaran 140-170 setelah 25 hari konsumsi," tutur Ardiansyah, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (10/3/2014).

Alumni Fakultas Teknologi Pertanian IPB itu menjelaskan, penurunan kadar gula darah tersebut dipengaruhi juga  jenis kelamin dan metabolisme tubuh tiap-tiap penderita. Hasil penelitian dan pengujiannya menunjukkan, Healthysweet memiliki efek yang lebih kuat dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes laki-laki dibandingkan perempuan.

"Sampai saat ini, kami belum melihat juga ada produk baik itu obat atau sediaan fungsional yang mampu menyembuhkan diabetes. Namun lebih kepada mengontrol gula darah," katanya.

Dia menyatakan, Healthysweet sudah diuji toksisitas akut di Fakultas Kedokteran Hewan IPB pada 70 ekor tikus (35 jantan dan 35 betina). Hasilnya menunjukkan hasil selama dua minggu dicekok Healthysweet dengan dosis yang berbeda tiap perlakuan tidak ada tikus mati dan tanda-tanda fisik normal.

Namun, Ardiansyah mengaku, masih menunggu laporan final terkait penelitian tersebut. "Kami sedang menunggu laporan final terkait histopat dari tikus-tikus tersebut," ungkap Ardiansyah.

Healthysweet memiliki rasa yang manis karena memang pemanis dan efek hypoglicemy terkontrol. Tim peneliti merupakan gabungan tenaga medis, yaitu Diah Kusuma Wardhani dan ahli rekayasa proses dari Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian IPB. Keunikan produk itu membuat Kementerian Pertanian RI menganugerahkan Juara I Anugrah Produk Pertanian Berdayasaing 2013 untuk kategori produk perkebunan pada Healthysweet.
Share on Google Plus

Tentang K

Penulis hanyalah seorang manusia biasa, sekarang sedang sibuk mengejar para dosen demi mendapatkan gelar sarjana. jika ada pertanyaan silahkan kirimkan email ke : rimporok@gmail.com atau hubungi (+62)852 4015 0005