Cara Membuat CV Dilirik Scanner Perusahaan


Cara Membuat CV Dilirik Scanner Perusahaan Setiap kali satu lowongan pekerjaan diumumkan, pihak perusahaan sering dibanjiri surat lamaran kerja dan curriculum vitae (CV). Tidak jarang, mereka menggunakan sistem elektronik untuk memindai semua CV yang masuk dan menempatkan kandidat unggulan sesuai kriteria perusahaan di bagian atas daftar. 

Melihat kenyataan ini, pencari kerja harus membuat CV yang dapat menarik sistem elektronik buatan perusahaan tersebut. Jangan sampai CV Anda berada di tumpukan bawah dari sekian CV yang masuk

Nah, berikut ini beberapa langkah untuk membuat CV yang menarik bagi perusahaan, terutama yang menggunakan pemindai elektronik

Format  

CV bukan tempat Anda menuangkan kreativitas. Sebaliknya, ikuti saja format standar penulisan CV. Dengan begitu, CV Anda akan lebih mudah terlacak sistem. 

Gunakan format .doc atau .txt. Jangan gunakan format .pdf atau format lainnya. Biasanya, sistem elektronik yang dipakai perusahaan akan melacak file dokumen dan salah mengartikan file PDF sebagai sebuah file gambar besar. 

Dengan kreatif, kalian lebih mungkin untuk diterima lamaran yang mengikuti aturan-aturan format yang lebih mudah untuk menggunakan sistem, seperti menggunakan doc atau format txt dan jangan menyertakan gambar atau tabel.

Kemudian, tuliskan nama-nama pihak perusahaan yang berperan penting terlebih dahulu.  Ketika sistem melihat tanggal lebih dulu ketimbang nama, mereka akan bingung dan menolak CV Anda. Selain itu, upload-lah resume Anda, jangan mengetiknya. 

Kata kunci

Seperti halnya mesin pencari, pemindai CV yang digunakan perusahaan membutuhkan kata kunci untuk operasionalnya. Jadi, gunakanlah kata kunci yang tepat. 
Share on Google Plus

Tentang K

Penulis hanyalah seorang manusia biasa, sekarang sedang sibuk mengejar para dosen demi mendapatkan gelar sarjana. jika ada pertanyaan silahkan kirimkan email ke : rimporok@gmail.com atau hubungi (+62)852 4015 0005